Member of family:  

mama Yulia yang gila bikin kue and now have online shop!


papa Andri yang edan sama sepeda MTB + kamera

Kintan yang belum menemukan jati diri, kikikik...

 

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

 

Free Shoutbox Technology Pioneer

Butik Jilbab Mamanya OrlinIqlima

Monday, March 12, 2007

Donat kampoeng teya
Hah, pasti banyak yang meragukan kemampuanku untuk memasak dan membuat kue. Hari minggu kemarin akhirnya kupatahkan mitos itu, hahahaha L-)

Nggak punya timbangan, mixer, apalagi oven (males belinya, gede banget, di pasar pula). Resep yang gak pake timbangan, mixer dan oven, taraaaaaaa! DONAT! Terinspirasi oleh mbak Dian Eka dan mbak Lilies yang punya slogan lets baking lets cooking (bukan gw banget, kekekkek). Juga oleh ibu ini yang kerjanya bikin kueeeee mulu.

Okelah, hayo kita hajar aja...
Pagi2 minta tolong mbaknya Kintan beli bahan2. Mbak kembali dengan tepung, mentega dan telur, tapi kentangnya habis. Lahhh kan kita mo bikin donat kentang, kok gak ada kentangnya??? Akhirnya papa jadi korban, "Paaa mau konek internet dooong, cari resep yang ga ada kentangnyaaa". Internet pun menyala, sempet mati 2 kali karna dipencet2 dengan brutal oleh Kintan, tapi akhirnya dapet juga resep donat dari Rumah Fahima. Yeahhh!!!

(resep copy paste dari www.fahima.org)
==========================

bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi (pake yg serba guna juga bisa)
100 gr gula pasir
11 gr ragi instant
1/4 sdt baking powder -->seringnya saya ngga pake ini
1/2 sdt garam
2 kuning telor
100 gr mentega
250 ml susu cair dingin.

cara membuat:
1. Campur jadi satu: tepung terigu, gula pasir, ragi instant, Baking
Powder dan garam. Aduk hingga rata.
2. Tambahkan kuning telur, aduk dan remas remas hingga rata dan
berbutir halus.
3. Tambahkan mentega, aduk dan remas kembali rata.
4. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata.
Kemudian uleni adonan hingga licin dan kalis (tidak lengket
ditangan). kira-kira 15 menit. Bulatkan adonan, tutup dengan lap
basah dan bersih. Diamkan 1 jam.
5. Bagi adonan menjadi 30 buah bola. Diamkan kembali 1 menit.
6. Lubangi bola ditengah dengan menggunakan jari (atau pake cetakan
kalo punya)
Kemudian goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengembang dan kecoklatan. Angkat dan Tiriskan.


Karna gak ada timbangan, semuanya dikira2 aja. Tepung sih 500gram, tapi belom termasuk yang kocar kacir diobok2 Kintan. Jadi ya nggak pas. Tapi rasanya enak kok, heheheh... (Pa, aku mogok masak kalo papa bilang gak enak :().

Kata Joshua, donat adalah bulet2 bolong tengahe, masa bodo, bolong gak bolong namanya tetep donat! (abisnya pas dibentuk bolong, pas didiemin 10 menit eh bolongnya gak tau kemana :-S).

Udah jadinya, wah enaaaaaakkk!! Papa yang lagi tidur siang aku bangunin, "Udah jadi paa!!" wakakakak, berita yang gak penting. Papa bangun n nyicipin, katanya "ENAK" (moga2 jujur :D).

Jco? ah kemanisan, eneg!
Dunkin? Bosen! (beli aja nggak pernah, bilang bosen). Pokoknya enakan donat bikinanku dehhh...B-)

Minggu depan bikin apalagi yaaah... :D/

Labels:

posted by Unknown @ 12:51:00 PM  
13 Comments:
  • At March 12, 2007 2:49 PM, Blogger Pinkina said…

    Alhamdulillah aku gak ada di sana, fyiuuhhhh #:-S rodok meragukan iki rasane :D

    to mas Andry :
    sakit perut gak mas abis makan donatnya mamakintan? huehuehue

     
  • At March 12, 2007 3:04 PM, Blogger Nita Fernando said…

    Yul ... huebat diri mu ... gag ada oven ajah udah bisa bikin kue ... apalagi ada oven, bisa buka toko kue kaleee ...

    Trus, trus, donat nya msh ada gag? mau lah dilempar sini satu (satu baskom maksudnya) :D

     
  • At March 12, 2007 3:45 PM, Blogger nandanaufal said…

    wah yulia kurang bulet tuh..
    tapi bisa dimaklumi... kan masih tahap pembelajaran:) "sok pinter mode on "

    tapi kayaknya yummiiiiiii....

     
  • At March 12, 2007 3:48 PM, Anonymous Anonymous said…

    Koq ngga nyampe ke C2/2 ya ? :)

     
  • At March 13, 2007 9:00 AM, Anonymous Lies said…

    Horeee...nggak punya mikser atau oven bukan alasan untuk nggak baking...hehhe.

     
  • At March 13, 2007 12:06 PM, Blogger Yusuf Alam Romadhon said…

    Papa bangun n nyicipin, katanya "ENAK" (moga2 jujur :D).

    jadi ingat diri sendiri pas dimasakin buatan asli tangan istri... walopun ndak enak bilangnya enak he he he.... sebuah pengakuan jujur lho...

     
  • At March 13, 2007 12:28 PM, Blogger Anisa said…

    Gitu donk...sekali2 bikin kalo minggu/liburan.asyik..kembali ke dapur lagi..ke kampus lagi..ke kantor lagi...walah embuh Yul singendi sing bener...

     
  • At March 13, 2007 3:59 PM, Anonymous ratih said…

    sipp! asyik ya sekali kali maen ke dapur.
    ada loh cetakan donat biar jadinya cakep cakep,
    tapi jangan tanya beli dimana ya (mungkin di toko bahan kue ada kali) soale aku liatnya di tabloid :)

     
  • At March 14, 2007 10:50 AM, Anonymous Anonymous said…

    haha ternyata dikau lebih gigih dari dakuw yul walopun ga ada alat tetep jadi tuh kue.

    pgn masak dr dulu tp alesane gitu2 aja ga punya alate ada jg mixer doang .. yul ntar klo dah sukses bikin kue cm pake alat mixer doang bagi2 resepe yo:D

    mama rashel

     
  • At March 14, 2007 3:11 PM, Blogger Wati said…

    hihihi..sama seperti umminya raihan..jadi mogok masak klo abi bilang ngga enak.. :p

    Mah.., resepnya ummi contek yach? :D

     
  • At March 14, 2007 10:48 PM, Blogger ~ Bunda ShafaHafiz ~ said…

    salut yul rajin dan mau bikin kue2 ;-)

    ayo ayo dibagi ke mutiara ya hehehe ...

     
  • At March 19, 2007 8:54 AM, Blogger Yusuf Alam Romadhon said…

    iyaa. deh percaya... masakannya enak... nanti aku dikirimin yaa....

     
  • At March 22, 2007 4:57 AM, Blogger lita uditomo said…

    waahhh...kereeennn...ga ada oven, mixer, timbangan tetep bisa bikin kue...ga kaya aku punya semuanya tapi ngga menghasilkan kue..:D

    bikin kuenya dirumahku aja, yul..hehehe..

     
Post a Comment
<< Home