Member of family:  

mama Yulia yang gila bikin kue and now have online shop!


papa Andri yang edan sama sepeda MTB + kamera

Kintan yang belum menemukan jati diri, kikikik...

 

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

 

Free Shoutbox Technology Pioneer

Butik Jilbab Mamanya OrlinIqlima

Wednesday, December 13, 2006

Akhirnya Ketemu Dokter Idaman
Hiyaa... dari judulnya jangan mengira yang aneh2 ya, cintaku tetep buat papa seorang, cieee... ehm... Say besok beliin jilbab model kembang2 di ITC ya? hihihi... :D

Jadi ceritanya Kintan (sekarang 14 bulan) mulai Agustus sampai Desember 2006 ini beratnya gak jauh2 dari angka 8 kilogram. Sempet naik jadi 8, 3, lalu sempet juga 9 kilo, tapi pas mudik jatuh sakit, balik lagi ke 8,00 kg. Gimana ga sedih, mana dokter yang ini bilang kalo Kintan kurang gisi, huaaa... (kagak dimasukin ati sih, masak ya anakku kurang gisi, ah gak mungkyin... tapi lama2 kok mikir apa bener yaa? *dasar tidak punya pendirian :p).

Dan seperti biasa, mama cari artikel-artikel referensi, browsing web Sehat, liat2 arsip milis, dan akhirnya didapat kesimpulan seperti ini:
Anak yang badannya cenderung kecil, itu bisa jadi:
- Faktor Genetik - kalo papa mamanya kecil, biasanya anaknya juga kecil, sebagai bukti bahwa anak ini memang asli bikinan mereka berdua, hihii, apaan sih gak nyambung ah.
- Anak itu aktif alias sukanya muter2 ga bisa diem - masuk akal kan? semua makanan berubah jadi energi dan hampir ga ada yang kesimpen jadi daging.
- Pencernaan bermasalah - NAAHHH ini yang ditakutkan...

Sudah 2 minggu ini pula, Kintan batuk pilek demam naik turun. Batuknya yg grok grok gitu. Trus ingusan lagi, haduh paling keki liat anak kecil ingusan :D. Kok ga sembuh2 ya? Trus abis minum susu, susu abis, dia batuk2, muntah deh semua susu yg baru diminum, yaaah... Takutnya berat badannya anjlok lagi. sakit apa sih ini, jadi bingung.

Sabtu pagi berusaha ngerayu papa, karna papa bawaanya udah ilfil aja kal diajak ke dokter, gara2 kecewa sama dokter yg dulu.
"Ke dokter yuk..."
"Ngapain"
"Kintan pilek batuk ga sembuh2 tuh, kemaren juga demam kan, takutnya HFMD" *HFMD = Flu Singapura, cieeh keren ya? nama penyakit aja pake impor dari luar negri.
"Apaan tuh?"
"HFMD itu.... "*nunjukin hasil browsing ke papa*
"Mmm... emang perlu banget ke dokter? kalo flu sembuh sendiri kan"
"Ini gak ke dokter yang kemaren, kita ganti dokter, aku nemu referensi yang bagus, namanya dokter Alan, (wah, dok takpromosiin niiih! :D) , dia sering jawab pertanyaan2 ttg anak di milis ba-depok (balita anda depok). Dari email dia yg aku baca sih kayaknya OK, kayaknya ya, makanya itu kita ke dia aja coba. Dia itu pengurusnya IDAI kalo ga salah, trus dia juga dokter di RSCM kok, berarti kan bagus reputasinya"
"Praktek dimana?"
"Hermina"
"Yah Hermina lagi, ntar kayak dokter yg kemaren"
"Gak gaak..."
"Ya udah terserah mama" *YESS!!!

Jam 7 malem kita ke dokter, naik motor, dan seperti biasa, Kintan ga bisa kena angin dikit, langsung tidur di gendongan.

"Anak Kintan pasien dokter Alan!" suster manggil2 pake speaker, berarti giliran Kintan masuk ruang dokter n diperiksa.
Liat dokternya, hihihi, dokternya kurus n kecil.
"Mau periksa apa imunisasi nih bu?"
"Konsultasi aja kok dok"
*bla bla bla cerita panjang lebar riwayat Kintan ga naek berat badannya + ngadu kalo Kintan dibilang kurang gisi, biarin, week*
"Apa gangguan pencernaan ya dok?"
"BABnya gimana? diare nggak?"
"Nggak dok"
"Kalo gitu ya bukan, kalo gangguan pencernaan itu BAB nya sering, bermasalah, bla bla bla" *bla bla bla = lupa, pokoknya banyak dijelasin, hihihi....
"Trus apa dok?"
"Kalo saya liat ini anaknya kayaknya usil nih *liat Kintan aku pangku, Kintannya lagi getok2 meja n liat kesana kemari :D*, kalo anaknya aktif banget memang kemungkinan susah naiknya. Ini di growtchart pas anak umur 1 tahun beratnya 8,3 kg, rata2 berat anak umur 1 tahun adalah 9 kg, tapi gpp, ini masih normal kok, cuma 10% di bawah rata2 sih gak perlu kuatir. Supaya naik, pola makannya diatur, ditambah frekuensinya, plus ditambah camilan. Antara umur 1-2 tahun, yaitu tahun kedua, pertambahan berat targetnya hanya 2 kilogram, jadi sebulan rata2 cuma 2 ons, karena anak di atas 1 tahun pertumbuhannya nggak secepat seperti masih di bawah 1 tahun."
"Kemungkinan kena penyakit lain dok?"
"Bisa TBC, tapi kalau lingkungan nggak ada yang kena TBC ya nggak perlu khawatir, berarti nggak ada kemungkinan. Tesnya namanya tes mantoux kalau mau."
"Nggak deh dok. Kalo batuknya kayak gini *Kintan barusan batuk*, bukan TBC kan?"
"O bukan, paling itu alergi. Kasih air jeruk anget aja, seminar2 di luar negri aja cuma nyaranin kalo batuk dikasih jeruk anget. SAYA SIH NGGAK SUKA KASIH OBAT, BIAR SEMBUH SENDIRI. Jangan dikasih coklat dulu ya, pantangan batuk berdahak itu coklat." *hihihi padahal kemaren baru mama supply eskrim coklat :D. Huruf yang aku tebali itulah, that's what I want from a pediatrician!!
"Jadi ggp ya dok anak saya gak gede2 banget"
"Ya gpp bu, ibu liat saya, saya kurus n kecil begini, eh bisa jadi dokter. " *hihihi...

Okay, dari kunjungan pertama ini kayaknya mama sreg sama dokter ini. Paling gak, merasa didengerin gitu, gak kayak dokter yang dulu, mama nanya eh malah disalah2in (udah bayar, disalahin pula, nyebelin, gak lagi2 deh ke dokter itu).

Ini asli gak ngiklan gak apa, dan gak menyudutkan pihak manapun (kalopun iya ya salah siapa dulu gak bersikap baik ke pasien) cuma berbagi pengalaman aja. Dokter Alan Tumbelaka praktek di Hermina Depok, Selasa dan Sabtu jam 18.00 - 20.00. Di RSCM juga, tapi ga tau jadwalnya.

Fyuuh... akhirnya nemu juga dokter idaman.
Ye Ye Ye!

Ini foto pas lagi di rumah sakit,








Labels:

posted by Unknown @ 9:26:00 AM  
6 Comments:
  • At December 13, 2006 12:59 PM, Blogger Pinkina said…

    Tannn Kintannn, jangan usil yha Nak. tuh kan makanannya gak jadi daging.
    *inget ulah kintan pas arisan kemaren ckckckckcck [-( bocah kok koyok kitiran........

     
  • At December 13, 2006 3:59 PM, Anonymous Anonymous said…

    "Anti Dokter" nih yeeee... :D

     
  • At December 14, 2006 3:43 PM, Anonymous Anonymous said…

    sama nih dengan aku,
    makanya gak punya dokter tetap.
    ke dokter cuma kalo imunisasi atau kalau flu-batuk-pileknya gak sembuh selewat 2 minggu (Alhamdulillah, jarang tuh). soalnya kalo ke dokter PASTI dikasih obat, belum nemu yg RUD.
    kasian anak kalo dikit2 dicekokin obat.

    makasih ya say, rekomendasi dokternya... ;)

     
  • At December 31, 2007 10:22 PM, Anonymous Anonymous said…

    Mama Kintan, makasih ya. Namaku dewi, anakku Rheina 9 bln (rheinarinjani.multiply.com). Kebetulan lagi nyari DSA buat second opinion krn gak sreg ama treatment dari DSA-nya Rheina, dari Hermina Depok juga, krn kontradiktif sama SOP milis SEHAT dan sama hasil tes lab. (ceritanya ada di sini http://drarifianto.multiply.com/journal/item/45/Kalau_Anak_Diare_Boleh_Tidak_Dikasih_Antibiotika_dan_Antidiare). Dapet deh namanya sekarang... kebetulan besok selasa, daftar ah ke dokter Alan. Biarin keluar duit lagi daripada makan beberapa baris obat yang ternyata gak perlu...

     
  • At January 01, 2008 8:59 PM, Anonymous Anonymous said…

    hihihi... lupa kalau Selasa itu Tahun Baru jadi Dr. Alan nggak praktek. tapi alhamdulillah udah dijawab sama staff Markas SEHAT: Dokter Apin (lewat blog-nya) dan Evi (yang bela-belain telpon aku balik dari Markas SEHAT meskipun sebenernya lagi tutup). It's a jungle out there for parents who want to keep their kids healthy!

     
  • At March 23, 2013 4:25 PM, Blogger Unknown said…

    Bu, perkenalkan nama saya dr. Intan Tumbelaka, putri dari dr. Alan yg ibu ceritakan di artikel blog ibu ini.. Saya terharu dan bangga menemukan dan membaca artikel ibu ini.. Jg serasa mendengar lgs ayah saya yg berbicara lgs saat membaca dialog2 beliau.. Skrg ayah saya sdh tdk ada, mhn doanya, smg sgala amal baik dan amal ibadahnya slm ini diterima si sisi Allah ya bu..

     
Post a Comment
<< Home