Member of family:  

mama Yulia yang gila bikin kue and now have online shop!


papa Andri yang edan sama sepeda MTB + kamera

Kintan yang belum menemukan jati diri, kikikik...

 

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

 

Free Shoutbox Technology Pioneer

Butik Jilbab Mamanya OrlinIqlima

Friday, July 07, 2006

pengalaman hamilku dulu
hamil, jauh dari orangtua?

aku termasuk wanita yang menikah muda, waktu itu umurku 20,5 tahun. kenapa? ya gpp, emang kenapa kalo menikahnya masih muda, hidup itu pilihan kan?

komitmen awal menikah adalah menunda anak dulu karna aku masih kuliah waktu itu, suamiku juga. kuliah harus selesai dulu, menikah dulu, berkeluarga kemudian, itu juga yang dikatakan suamiku ke orangtuaku ketika sebelum lamaran dulu.

tapi 2 minggu setelah pernikahan, ternyata, heheheh... kenyataannya lain. but anyway life must go on, apapun yang terjadi ya dihadapi saja. banyak temanku yang agak surprise, apalagi keluargaku. ibuku sempat mau protes, tapi kenyataanya begitu, mau gimana lagi. waktu itu aku dan papa cuma berdua di jakarta, semua keluarga ada di jawa timur. dengan hanya berdua lah kami hadapi semua itu. dengan pengetahuan yang nol besar tentang hamil dan perawatan anak. tapi teknologi sudah canggih kan, nah langkah pertama waktu itu:
- tanya ke teman yang sudah pernah hamil: kebetulan teman sekamarku di kost kebon sirih dulu juga sedang hamil dan akan melahirkan, aku tanya siapa dokter yang recommended. aku akhirnya jadi pasien dokter itu juga, karna belum tau apa2 tentang dokter di jakarta.
- beli buku2 tentang kehamilan. mungkin ada sekitar 20an buku yang aku beli selama hamil, cukup membantu juga, tapi rata2 garis besarnya sama. buku favoritku waktu itu "Girlfriend's Guide to Pregnancy" dan "9 Bulan Yang Menakjubkan". Buku-buku lainnya hanya sebagai selingan saja.
- Googling, sangat helpful, karna kita bisa searching seacara spesifik apa yang sedang ingin kita tau. dari googling lalu ketemu situs yang membahas tentang kehamilan dan anak.
- ikut milis, PALING AKU REKOMENDASIKAN! ikut milis itu harus. dulu sebelum menikah/sebelum berencana menikahpun aku sudah rajin ikut milis, walopun ga ngerti tapi aku rajin mengarsip artikel2 penting. milis kehamilan yang aku ikuti dulu:
kehamilan@yahoogroups.com
berbadan-dua@yahoogroups.com.
hebatnya milis, segala sesuatu dibahas secara mendetail, dan lewat quality control yg sangat baik karena semuanya bersumber dari pengalaman, bukan sekedar teori. kenapa pagi2 kita muntah? kenapa kaki pegal2 kalau malam? kenapa ada ibu2 yang alergi sampai gatal2? wajibkah ibu hamil minum vitamin? minum obat pencegah muntah? semua ada jawabannya di milis. komunitas maya yang luar biasa memang.

3 bulan pertama, aku nggak muntah sama sekali, hehehehe. tapi sekitar bulan 4-6 aku muntah setiap bangun tidur (mandi), kena bau odol langsung deh, huekkk. gpp, itu karna asam lambung yang prduksinya berlebihan. kalo muntah setelah makan, aku jarang sekali, hanya 5 kali aku hitung selama hamil kemarin. sensitif sama bau2an, iya juga sih. kalo papa pake parfum ax*, aku langsung ngamuk ngusir papa suruh jauh2 dari aku, heheheh... tapi kalo parfum yg satunya yg agak mahalan dikit aku gpp, heheheh...

selama hamil aku minum vitamin penambah darah, penambah kalsium, folic acid, obimin (obimin ini cuma sebentar karna kapsulnya gede banget, males nelan), lalu 7 bulan keatas minum prolacta with DHA (minyak ikan). kalo ke dokter pasti dokternya nanya, "vitamin yg kemaren udah abis belum?", aku pernah bilang belum karna memang ga aku minum, "kan lebih baik makan yg alami aja dok", but kata ibu dokter, "iya makan yg alami itu bagus, tapi kebutuhan vitamin meningkat kalo lagi hamil, harus nambah vitamin juga. kan adeknya lagi pembentukan tulang bla bla bla". ooo... oke deeh... :).

Soal makanan, aku ga rewel, ngidam yg susah2 kayaknya ga pernah. paling suka makan nasi pecel tumpang di depan tmp kalibata *halah kampungan :p. kasian papa, selama hamil papa yg ngikutin seleraku, pokoknya semua terserah aku, karna aku kalo menunya ga cocok mending ga makan, hihihih... jadi kata2 papa yg standar waktu itu (sampe apal), "mama mau makan apa? aku terserah mama aja, aku ngikut aja". jaraaang banget masak, sering beli di luar. oh iya, sebulan pertama waktu hamil, aku ga mau yg namanya makan di kaki lima, no way!!!! makan siang waktu di kantor harus ke setiabudi building dimana berjejer cafe2 makanan mahal, hihiihi... tiap berangkat si papa aku mintain uang saku minimal 100rb buat makan or jajan, hehehehe... besoknya minta lagi karna pasti habis, hihii...

selama hamil emosi naik turun, mmm naik terus sih kayaknya, ga pernah turun, hehehe... gampang sakit hati, gampang marah, sedih, terharu, macem2 lah. pokoknya mas andriku harus ekstra sabar waktu itu, dan tentunya siap ngalah. mungkin itu bukan karna hamil tapi karna aku emang gampang ngambek, hehehe... *luv u honey!

merasa ga cantik? hahahhaah kadang iya kadang ga juga. kalo liat cewek seksi n pake baju yg keren kadang terbersit di hati, kapan yah aku bisa pake baju itu? liat baju2 di lemari pada ga muat lagi, sedih. siasatnya, beli baju hamil yg lucu2! walopun hamil ga boleh old fashioned dong! harus tetep cantik. yg bikin lebih keki lagi, kalo liat cewek cantik di tv,
"pa, cewek itu cantik ya?" *padahal dalam hati berharap aku yg dibilang lbh cantik
"yg mana ma? oh yg itu, iya emang cantik" *gubrak... huaaaa :((. kejujuran kadang menyakitkan hihihihi...

pengalaman melahirkan? yang pasti satu kata untuk itu, DAHSYAT!, hahahah... harus aku tulis sendiri nanti. pastinya ini greatest experience, dan anda2 bisa lulus dengan 2 jenis kelulusan, semakin mempererat ikatan cinta dengan suami, atau malah sebaliknya. baby blues? pernah, tapi nggak lama.

buat teman2ku yg sedang nunggu kelahiran, selamat menyambut si buah hati, percaya deh, semua pengorbanan ga akan sia2, ada hasil yang manis menanti nanti... :)
posted by Unknown @ 2:33:00 PM  
7 Comments:
  • At July 08, 2006 2:54 PM, Blogger nenny riana said…

    hello bu... salam kenal ya, aku liat postinganmu di milis DI Depok.
    seru ya kisah melahirkannya... rasanya udah lengkap deh hidup sebagai perempuan kalo udah melahirkan :)

     
  • At July 10, 2006 9:14 AM, Blogger Pinkina said…

    tanganku melu di remes2, loro kabeh [-(
    but bagaswati manis juga hehehehe.....

    *bagaswati=kintan :D

     
  • At July 10, 2006 11:12 AM, Blogger Andri Wibowo said…

    Jd ingat menunggu lahiran di duren tiga dulu. Vivink, Anung ... makasih ya dah ikutan repot. Juga Ika Wahyu, sayang beliaunya gak online.

    Btw, awakmu sik diremes2 sediluk wis loro, lah aku sepanjang waktu, hahahaha.

    Pokok-e siap2 kamera di kamar lahiran :D

     
  • At July 10, 2006 4:12 PM, Blogger Unknown said…

    mom nenny, thank you ya udah mampir. iya nih aku baru nglahirin sekali aja udah ampun2 rasanya, dikau udah 2 ya? 2 cute daughters :). Salam ya buat anak2mu, semoga betah di melb, sukses untuk studinya disana, semoga bisa jadi duta bangsa yg berhasil dg baik ya... :) btw aku orang jawa juga lho, suamiku malah asli malang turen, hehehe...

    -------------

    hihihi, pinkina, souri tak remes2 tanganmu, abisna gimana ya, rasanya emang dahsyat gitu sih... yo wes ngko lek giliranmu lahiran insyaAllah tak kancani, balesen ngremes2 tanganku wes, hahaha...
    btw thank you so much yaaa, buat dek anung juga :)

    -------------

    wonderful moment ya honey! ga kebayang deh kalo harus terulang lagi, bisa sekuat yg dulu ga ya, hehehe....

     
  • At July 10, 2006 4:20 PM, Blogger Andri Wibowo said…

    Bisa dunk!

    Tadi jenguk Karnoto yang baru punya momongan jg di RS Jakarta. Ketika aku motret bayinya teringat kenangan 9 bulanan yang lalu, 1 Oktober 2005.

    sebagian fotonya ada disini : http://www.pbase.com/dryae/kintan

    tak terasa umur Kintan sudah melebihi umur dia di kandungan dulu, ... mmuach

     
  • At July 11, 2006 7:55 AM, Blogger Kumpulan Kata-kata Hikmah Islami said…

    Mamanya kinta, makasih ya.udah nulisin...agak sedikit lega nih....akhirnya atas sarannya..ikut milis jg..rajin googling..heheh...kayaknya masih belum telat ya..baca-baca buku..hehehehe..minta doanya ya..semoga lancar dan bisa normal..amin..amin..thanks ya buuu......

     
  • At July 11, 2006 7:57 AM, Blogger Kumpulan Kata-kata Hikmah Islami said…

    haduh..punten ya.. 'n' nya kurang...ketulis mamanya kinta..heheh.. mamanya kintan denk...... sek eling aku waktu chatingan...cheting karo 'bagas'..la kok sing utem bagaswati.. hehhe.. ayu bgt maneh bocahe.imoet...yo wes gt ajah ya. ehheheh

     
Post a Comment
<< Home